Sports

Template information

17 Fakta Mengerikan Dari Duel Dramatis Real Madrid vs Juventus


Bola.net - Duel ketat dan dramatis terjadi di Santiago Bernabeu. Duel leg kedua perempat final Liga Champions 2018 antara tuan rumah Real Madrid melawan Juventus berlangsung dramatis.

Datang ke Santiago Bernabeu, Juventus memiliki tugas nan berat karena dituntut untuk mengejar ketertinggalan 0-3 karena kekalahan di leg pertama. Namun yang terjadi mengejutkan.

Tim asuhan Massimiliano Allegri tersebut membuktikan mereka belum habis dan benar-benar menyulitkan tuan rumah. Baru dua menit pertandingan berjalan, Bianconeri mampu unggul lewat gol Mario Mandzukic. Nama yang sama kemudian menggandakan skor pada menit ke-37.

Juventus bahkan sempat di atas angin karena mampu mengejar ketertinggalan sekaligus menyamakan agregat menjadi 3-3 berkat gol Blaise Matuidi pada menit ke-61. Nah, drama terjadi di masa injury time ketika wasit Michael Oliver menunjuk titik putih karena menilai Medhi Benatia melanggar Lucas Vazquez.

Bukan itu saja, kapten Juventus, Gianluigi Buffon juga diusir wasit karena dinilai melakukan protes berlebihan. Cristiano Ronaldo yang maju sebagai eksekutor tanpa ampun menjebol gawang Juventus. Skor akhir menjadi 3-1 dan Los Blancos lolos dengan agregat 4-3.

Selain drama yang terjadi itu, ada beberapa fakta menarik yang tercipta saat duel Real Madrid vs Juventus Kamis (12/4) dini hari tadi:

  1. Ini adalah pertama kalinya Real Madrid kalah dengan kebobolan tiga gol di pertandingan Eropa di Bernabeu.
  2. Blaisut Matuidi mencetak gol pertamanya sejak November 2016 di Liga Champions. Ketika itu dia mencetak gol saat PSG melawan Basel. Ini adalah gol ketujuhnya di 54 penampilan di Liga Champions.
  3. Gianluigi Buffon mendapatkan kartu merah pertamanya di Liga Champions. Ini adalah pertandingan k-117 baginya.
  4. Gol sundulan Mario Mandzukic pada menit ke 1:16 adalah gol kebobolan tercepat Real Madrid di Liga Champions sejak gol Roy Makaay ketika duel melawan Bayern Munchen, tercipta di detik 10 pada tahun 2007.
  5. Juventus menjadi satu-satunya klub yang dua pemainnya mampu mencetak dua gol di Santiago Bernabeu melawan Real Madrid. Yakni Alessandro Del Piero pada November 2008 dan Mandzukic dini hari tadi.
  6. Mario Mandzukic adalah pemain lawan pertama dalam sejarah yang mencetak dua gol di babak pertama di Santiago Bernabeu saat melawan Real Madrid di ajang Liga Champions.
  7. Mario Mandzukic merupakan pemain pertama yang mencetak dua gol sundulan di satu pertandingan Liga Champions melawan Real Madrid sejak musim 2003-2004.
  8. Sami Khedira membukukan assist ketiganya di Liga Champions musim ini, dan merupakan rekor pribadinya.
  9. Eksekusi penalti pada menit ke-90+8 menjadi gol paling larut dalam karir Cristiano Ronaldo bersama klub maupun tim nasional Portugal. Rekor sebelumnya adalah menit ke-90+6 saat Madrid menang atas Elche di ajang La Liga.
  10. Real Madrid menjadi tim pertama yang mampu lolos ke semifinal Liga Champions untuk kali kedelapan secara beruntun.
  11. 10 dari 20 gol terakhir gol Mandzukic di Liga Champions tercipta lewat sundulan.
  12. Cristiano Ronaldo telah mencetak 10 gol melawan Juventus. Pemain pertama yang mampu mencetak 10 gol lebih melawan satu tim di Liga Champions.
  13. Cristiano Ronaldo menjadi pemain ketiga yang mencatat 150 penampilan di Liga Champions. Mengikuti jejaka Iker Casillas (167) dan Xavi Hernandez (151).
  14. Mario Mandzukic menciptakan rekor lain pada laga ini, menjadi pembobol gawang Real Madrid tercepat pada ajang Liga Champions. Gol pembuka Juventus dalam laga ini diciptakan pada detik ke-76.
  15. Untuk pertama kalinya sejak 18 tahun, Real Madrid tertinggal dua gol di babak pertama dalam pertandingan kandang di ajang Liga Champions. Terakhir yakni saat mereka kalah 1-3 dari Bayern Munchen pada Februari 2000.
  16. Isco sekali lagi tercatat memiliki akurasi umpan sukses 100 persen melawna Juventus. Dia membuat 40 umpan di babak pertama.
  17. Pertandingan ini adalah penampilan ke-500 Gareth Bale untuk klub dan tim nasional.
Real Madrid sendiri saat ini masih harus menunggu siapa lawan di babak semifinal Liga Champions 2018. Apakah AS Roma, Liverpool atau ketemu Bayern Munchen? Menarik untuk ditunggu.(opta/dzi)