Sports

Template information

Mengejutkan, Ini Kata Maman Abdurrahman Usai Namanya Tercatut Pengaturan Skor Final Piala AFF 2010

  Skuat <a style='color:#c1272d;text-decoration:none' href='http://bolasport.com/tag/timnas-indonesia'>timnas Indonesia</a> di <a style='color:#c1272d;text-decoration:none' href='http://bolasport.com/tag/piala-aff-2010'>Piala AFF 2010</a>

BOLASPORT.COM - Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, angkat bicara terkait namanya yang disebutkan oleh mantan manajer timnas Indonesia di Piala AFF 2010, Andi Darussalam, dalam acara Najwa Shihab, Rabu (19/12/2018). 

Melalui status di Whatsapp-nya, Maman Abdurrahman menilai apa yang diucapkan Andi Darussalam tentang kejadian final Piala AFF 2010 itu adalah fitnah.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2010 dan menghadapi Malaysia dalam dua pertandingan.

Pertandingan pertama, secara mengejutkan timnas Indonesia kalah telak 0-3 dari tuan rumah Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Hasil itu memang cukup dipertanyakan karena pada babak penyisihan grup Piala AFF 2010, timnas Indonesia berhasil menghajar Malaysia dengan skor telak 5-1.

Pada laga final leg kedua yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, timnas Indonesia berhasil menang 2-1 melawan Malaysia, namun skuat Garuda gagal juara karena kalah agregat 2-4 dari Harimau Malaya.

Waktu bermain di Stadion Bukit Jalil, Andi Darussalam mempertanyakan gol pertama Malaysia yang menurutnya Maman Abdurrahman bisa menyelesaikannya dengan baik.

(Baca Juga: Hamka Hamzah Geram dengan Tuduhan Pengaturan Skor di Final Piala AFF 2010)

Namun tanpa disangka-sangka Maman Abdurrahman seakan membuat blunder sehingga Malaysia mampu mencetak gol ke gawang timnas Indonesia yang dijaga Markus Horison.

Tak hanya gol pertama Malaysia, mantan Ketua Badan Liga Indonesia itu juga mempertanyakan gol kedua dan ketiga tim lawan yang seharusnya bisa diantisipasi lini belakang timnas Indonesia.

Andi Darussalam tidak mau menyebut secara pasti terkait pengaturan skor yang terjadi di final Piala AFF 2010.

Andi Darussalam hanya berjanji akan memberikan penjelasan terkait pernyataan pihak Malaysia yang mengaku menggunakan suap untuk memenangi pertandingan tersebut.

Pria yang dikenal dengan sebutan Godfather sepak bola Indonesia itu ingin buka-bukaan tentang pengaturan skor di persepakbolaan Indonesia bila diminta keterangan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia.

"Luar biasa ini fitnah," kata Maman Abdurrahman.

"Saya yakin Allah akan membuka semuanya," kata bek berusia 36 tahun tersebut.
Saat membela timnas Indonesia di Piala AFF 2010, Maman Abdurrahman masih membela Persib Bandung.

Banyak kabar menyebutkan ada pemberian rumah mewah kepada Maman Abdurrahman di wilayah Bandung, Jawa Barat, seusai pertandingan final Piala AFF 2010.

Akan tetapi itu hanya gosip-gosip belaka tanpa ada fakta yang terungkap.

Maman Abdurrahman pun percaya bahwa kebenaran akan datang setelah namanya tercoreng dari pernyataan Andi Darussalam.

"Saya bukan orang benar, saya bukan orang suci, tapi saya yakin Allah bersama orang-orang yang sabar dan benar," kata Maman Abdurrahman.